Unofficial Site of Life Scope Press

Tidur dan Kehancuran Bangsa

Posted in Out of mind. by Life Scope Press on June 15, 2011

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, kembali lagi bersama saya dengan topik kali ini:

“Tidur dan Kehancuran Bangsa”

Setelah membaca headline Surat Kabar Kompas beberapa hari yang lalu, pikiran ini tidak dapat lepas dari diri saya. Berikut headlinenya, kurang lebih seperti ini:

“Negara Mengarah Kleptokrasi”

Sejenak saya berpikir, apakah ada hubungannya antara saya dan keadaan negara yang dikatakan seperti ini?

Ternyata ada, kenyataan bahwa saya belum berusaha maksimal dalam belajar di kelas, maupun kebiasaan deadliner yang banyak terjadi. “Wah apaan hubungannya, kagak ada kaya’nya tuh?”. Penanaman kebiasaan yang awalnya sepele ternyata berujung sangat buruk di akhir. Contoh sepele deadliner: “Ah nanti aja bersihin kamarnya, toh nanti kotor lagi.”, menjadi contoh serius deadliner: “Ah nanti aja dipikirin lagi, sekarang utang aja dulu buat nalangin gedung baru, toh pemerintah ini yang bayar.”

Terus apa hubungannya tidur ama kehancuran? Karena masa liburan yang panjang, mungkin (mungkin lho) sebagian besar teman-teman punya acara jalan-jalan, pulang ke kampung halaman, maupun tiduran aja di kost atau di rumah, atau bahkan ke kampus. (download) Tapi pernah terpikirkah teman-teman, semakin kita membiarkan (acuh tak acuh) dunia luar, semakin sering berpikiran “ah yaudah si, biarin aja, nanti juga ada yang bisa beresin, ngapain gw ikut-ikutan?” semakin hancur negara kita. Asyik download sedangkan ada sebagian saudara kita yang menggunakan internet harus bergantian, dengan kecepatan sangat rendah. Tapi apa yang kita dan mereka download? Kalau mereka, artikel ilmiah, Fisika, kenapa Uranus berotasi vertikal, kalau kita apa?

“Jadilah engkau di dunia ini seolah-olah orang asing atau orang yang menyeberang jalan. Jika engkau berada di sore hari, maka janganlah engkau menunggu hingga pagi hari dan jika engkau berada di pagi hari, maka janganlah engkau menunggu hingga sore hari. Pergunakanlah waktu sehatmu untuk sakitmu dan waktu hidupmu untuk waktu matimu.”

(HR. al-Bukhari)

Terus apa hubungannya tidur ama kehancuran? Coba bayangkan jika teman-teman tidur dari pagi hari sampai sore hari. Sekitar 10 jam teman-teman hilangkan, membiarkan negara hancur! Coba pergi ke toko buku, beli buku apa gitu. Coba buka internet, cari artikel-artikel aneh yang menarik dibandingkan dengan menanti setia di depan social networking sampai senja menjelang, atau tidur seharian.

“Anda yang sekarang akan sama seperti Anda yang lima tahun mendatang kecuali untuk dua hal; orang-orang yang Anda temui dan buku-buku yang Anda baca.”

– dari Charles “Tremendous” Jones, Presiden Direktur Life Management Services, Inc.

Berlatih dikurangi tidurnya, kalau ternyata gejala masih berlanjut, segera periksa ke dokter 🙂 Pastikan hari-hari anda tidak lewat begitu saja. Saya percaya anda bisa melewati masa-masa sulit anda. Saya percaya anda bisa. Saya percaya karena anda bisa 🙂

486

Advertisements

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. ardialhaidar said, on September 5, 2011 at 11:36 pm

    thanks pulung, post-nya sesuatu banget. x)

    masa liburan kali ini, tidur menjadi ujian yang berat bagi gw (mungkin bagi yang lain). maunya tiduuuuur mulu. padahal dah siap2 kuliah lagi nih. mari berlatih kurangi tidur.. x)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: